amazon

Pages

judul

Rabu, 11 Januari 2012

Teknologi Informasi

Hari ini saya upgrade komputer desktop saya ke Ubuntu 11.10. Semalam saya tinggalkan dia download semua berkasnya selama sekitar 5 s/d 6 jam. Setelah itu dia upgrade sendiri. Semuanya berjalan lancar sampai … reboot.
Setelah reboot, ternyata Xwindow tidak berjalan. Sedikit melakukan debugging ternyata ada masalah dengan driver Nvidia. Entah kenapa kok tidak ada dalam bawaannya ya. Lantas saya install berbagai paket Nvidia. Belum berhasil. Akhirnya saya putuskan untuk compile kernel 3.0.0 dan mungkin build modul Nvidia dari sana. (Meskipun agak gak nyambung.)
Ternyata compile kernel 3.0.0 ini cukup lama. Sekitar 1 jam habis untuk compile kernel dan modules. Dia lama karena tidak semua driver saya matikan. Males juga mematikan satu persatu. Harusnya saya punya konfigurasi komputer ini sehingga lain kali kalau upgrade kernel tidak pakai konfigurasi yang sudah ada. Wal hasil, kernel berhasil dibuat dan dipasang di grub. Boot berhasil tetapi X juga tidak berjalan dan bahkan sekarang saya baru sadar bahwa ethernet card tidak jalan. Halah merambat.
Utak atik konfigurasi dan reboot. X sudah bisa berjalan (dengan kernel bawaan bukan kernel buatan sendiri). Hanya saja network belum jalan. Saya lihat eth0 ada drivernya tapi dia bilang link not ready. Apa ini masalah dia tidak bisa negosiasi dengan switch hub yang saya miliki? Ini dugaan saya. eth0 saya dalah Realtek TRL 8168D/8111D Gigabit ethernet sementara hub-nya sudah lama (mungkin 100MB). Saya sudah coba menggunakan “mii-tool” untuk memaksa dia bicara “10baseT-FD”. Tetap tidak bisa. Coba autonegotiate juga gak bisa. Oh well. Masih harus ngoprek lagi.
Sementara itu ada USB-ethernet dongle yang nganggur. Saya pasang. Dia langsung dikenali dan langsung jalan. Hayah. Jadi ethernet yang bawaan dari motherboard malah yang bermasalah. Padahal speknya lebih bagus. Atau, justru karena kebagusan itu dia masalahhttp://rahard.wordpress.com/category/teknologi-informasi/

0 komentar:

Posting Komentar