amazon

Pages

judul

Kamis, 12 Januari 2012

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KARTU SIM SUPER MINI

Bulan Mei lalu Apple mengajukan satu perkembangan teknologi komunikasi, yaitu kartu nano-SIM, kepada ETSI (European Telecommunications Standards Institute) dengan alasan kartu SIM dengan ukuran yang lebih kecil memungkinkan desain ponsel lebih kecil dan lebih tipis. Dan pada bulan November ini Giesecke & Devrient, atau G&D, perusahaan teknologi provider asal Munich membuat press release yang menyatakan bahwa ia telah memproduksi kartu nano-SIM pertama di dunia.


Secara teknis, nano-SIM adalah kartu SIM pertama yang menggunakan sirkuit berbeda. Sejak 20 tahun perkembangan teknologi komunikasi, sebenarnya sirkuit kartu SIM tidak berubah. Bahkan Micro-SIM sendiri menggunakan sirkuit yang sama dengan kartu SIM biasa, sehingga sangat memungkinkan untuk mengubah kartu SIM biasa menjadi micro-SIM hanya dengan menggunakan alat pemotong. Anda tidak akan bisa mengubah kartu SIM maupun micro-SIM menjadi nano-SIM.
Menurut G&D, perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam dunia perkembangan teknologi komunikasi dengan menciptakan kartu SIM sejak 1991, nano-SIM memiliki ukuran 12x9mm, 30% lebih kecil dari Micro-SIM, yaitu 15x12mm. Dan 60% lebih kecil dari kartu SIM biasa yang memiliki ukuran 25x15mm. Ketipisan dari nano-SIM masih belum diungkapkan secara detail oleh G&D, perusahaan ini hanya menyatakan nano-SIM akan 15% lebih tipis dari micro-SIM, yang mana kartu SIM maupun micro-SIM memiliki ketipisan yang sama 0.76mm. Hal ini berarti vendor ponsel memiliki ruangan ekstra untuk komponen ponsel lain, seperti memory tambahan atau baterai yang lebih besar, atau ponsel yang lebih kecil.
Berikut perkiraan perbandingan ukuran antara kartu SIM, micro-SIM, dan nano-SIM:
Nano SIM
Satu masalah penting pada perkembangan teknologi komunikasi ini, pengguna harus upgrade ponsel. Namun G&D telah mengantisipasi masalah tersebut dengan solusi yang mirip seperti solusi SDcard dan MicroSD, nano-SIM bisa disematkan pada ponsel model lama dengan menggunakan adapter khusus.
G&D menyatakan nano-SIM telah melalui proses percobaan pada berbagai operator seluler, dan standardisasi perkembangan teknologi komunikasi ini diharapkan akan mulai diimplementasikan oleh ETSI mulai tahun depan.
Nano-SIM ini adalah jawaban dari permintaan Apple. Yang menarik selanjutnya adalah, setelah nano-SIM telah ditetapkan sebagai standar kartu SIM dan rilis ke pasar, bagaimana model selanjutnya dari produk iPhone? iPhone 5, iPhone 6, dan seterusnya? [RY]

0 komentar:

Posting Komentar